www.edmonroyankalesaran.com

Jumat, 18 Juni 2010

PENGANTAR PERIKLANAN

PENGANTAR SINGKAT PERIKLANAN

Edmon R Kalesaran, S.Sos

Dosen FISIP.Jur.Ilmu Komunikasi

Universitas Sam Ratulangi Manado

Iklan di tengah peradaban manusia

* Sebelum Gutenberg menemukan system percetakan pada tahun 1450, iklan sudah di kenal peradaban manusia dalam bentuk pesan berantai .

* Pesan berantai ini disampaikan untuk membantu kelancaran jual beli masyarakat, yang kala itu mayoritas belum mengenal huruf, dengan cara-cara barter.

* Dunia pemasaran menyebut pesan berantai ini sebagai the word of mouth (secara lisan atau )

* Iklan pertama kali dikenal lewat pengumuman-pengumuman yang disampaikan secara lisan. Dilakukan melalui komunikasi verbal (langsung) oleh karena itu jangkauannya tidak terlalu luas sempit. Untuk ukuran zaman itu iklan yang demikian sudah dianggap efektif.

* Selangkah lebih maju, manusia mulai menggunakan tulisan sebagai alat penyampaian pesan. Ini berarti iklan sudah bisa dibaca secara berulang-ulang dan dapat disimpan.

* Saat ini kita juga bisa melihat sisa-sisa peradaban iklan itu berupa peninggalan berusia 3000 tahun yang berisikan iklan tentang pengumuman budak yang lari dari tuannya.

* Kemudian iklan mulai di kembangkan dalam bentuk relief yang di ukir di dinding, banyak terdapat di zaman Romawi.

* Seiring perubahan waktu iklan mulai berkembang seiring dengan lahirnya korang majalah sampai pada saat ini di era millennium ini iklan sudah berhubungan dengan televisi, internet, dan teknologi lainnya. Termasuk brosur, spanduk, pamphlet , billboard dan lain-lain.

Media-media yang digunakan iklan

  1. Surat kabar, majalah
  2. Televisi
  3. Papan reklame
  4. Bioskop
  5. Radio
  6. Internet
  7. dll.

* Dalam proses penyampaian iklan, biro iklan atau PH, dalam hal ini

Juga sering mengunakan model manusia untuk menarik simpati komunikan dalam suatu iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar