www.edmonroyankalesaran.com

Jumat, 18 Juni 2010

Fungsi Individual Media (individual Functions of the Media)

Edmon R. Kalesaran. Magister Ilmu Komunikasi. Fikom Unpad Bandung/Sept-08

Secara tradisional jenis-jenis media massa adalah:

Seiring dengan perkembangan teknologi dan sosial budaya, telah berkembang media-media lain yang kemudian dikelompokkan ke dalam media massa seperti internet dan telepon selular.

Melihat dari perkembangan ini fungsi media tersebut sangatlah penting bagi perkembangan dunia saat ini, masyarakat sangat membutuhkan media di era globalisasi dan modernisasi saat ini, karena akan mensuport atau mendukung status dan kondisi masyrakat tersebut. Fungsi media bisa kita lihat dari beberapa segi antara lain adalah :

1. Sebagai Fungsi Informasi

· Mencari tahu tentang kondisi yang terjadi dilingkungan sekitar, masyarakat dan dunia.

· Mencari informas tentang hal-hal praktis, opini dan keputusan.

· Memenuhi keingintahuan kepentingan umum.

· Sebagai sarana pendidikan, belajar.

· Memperoleh pengetahuan.

2. Sebagai Fungsi Sosial

· Fungsi pengawasan sosial (social surveillance) yakni upaya penyebaran informasi yang obyektif mengenai berbagai peristiwa yang terjadi di dalam dan di luar lingkungan sosial dengan tujuan kontrol sosial agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

· Fungsi korelasi sosial (social correlation) merujuk pada upaya pemberian interpretasi dan informasi yang menghubungkan antar kelompok sosial atau antar pandangan dengan tujuan konsensus.

· Fungsi sosialisasi merujuk pada upaya pewarisan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi lainnya atau dari sati kelompok ke kelompok lainnya.
Dalam perkembangannya pembicaraan tentang fungsi media massa banyak yang membaginya menjadi : fungsi edukasi, fungsi advokasi (kontrol sosial), fungsi entertainment. Media dianggap mampu mengemban fungsi edukasi karena informasi yang ditampilkan mampu memproduksi bahkan mereproduksi pengetahuan.

3. Sebagai Fungsi Entertainment.

Masyarakat sebagai objek dari media tersebut akan sangat terbantu dengan adanya media yang didalamnya memberikan informasi tentang hiburan, film, musik,olahraga dll. Dalam kontek ini masyrakat dengan adanya media ini, bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi tentang duani hiburan, dan sekaligus dapat dengan cepat menikmatinya, saat ini seiring perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang bigitu cepat, masyrakat bisa langsung mengetahui atau informasi olahraga yang terjadi di belahan duani lain. A.C. Milan mentransfer David Beckham, dengan cepat bisa di ketahui oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Begitu pula dengan tanyangan-tayangan film, live musik yang ada. Format hiburan ini bisa menjadikan masyarakat senang dan menikmati acara-acara tersebut sabagai sarana hiburan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar