www.edmonroyankalesaran.com

Jumat, 18 Juni 2010

Pengantar Komunikasi Pembangunan

Materi Kuliah : Komunikasi Sosial dan Pembangunan

Oleh : Edmon Kalesaran, S.Sos,M.I.Kom


Ø Komunikasi dan Pembangunan merupakan dua hal yang penting dalam perkembangan kehidupan manusia. Keduanya dapat dikatakan sebagai hal yang tidak terelakkan, dan telah menjadi bagian dari rangkaian agenda masyarakan sehari-hari.

Ø Dapat dimaksudkan diatas bahwa Komunikasi tentunya adalah sudah menjadi bagian yang paling menonjol dari kehidupan manusia tersebut, sedangkan Pembangunan adalah sudah menjadi bagian dari apa yang manusia rasakan dan nikmati dalam kehidupan manusia, contoh pembagunan di berbagai aspek kehidupan manusia yang langsung dapat dirasakan oleh mereka.

Pembaganunan : Masa paradigma awal

# Pembagunan suatu kegiatan nyata dan berencana, menjadi sangat menonjol sejak selesainya perang dunia ke II. Ini ditandai dengan merdekanya bangsa-bangsa yang tadinya berada di bawah penjajahan Negara colonial, maka sejak saat itu pulalah mereka berkesempatan untuk membenahi nasib masing-masing, dalam arti membangun Negara dan kehidupan rakyatnya.

- pembangunan di bidang ekonomi

- pembagunan sosial kemasyarakatan

- dll.

Ini adalah merupakan gambaran sedikit tentang Komunikasi Pembangunan yang masih di artikan secara terpisah.

Dalam kesempatan ini kita akan melihat Komunikasi Pembangunan tersebut dalam konsep yang lebih spesifik.

Namun tentunya kita harus dapat mengetahui konsep awal dari komunikasi dan pembangunan tersebut.

Konsep pengertian Komunikasi tentunya telah kita tahu dan pahami bersama,

Ø Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan kata-kata atau lambing-lambang, dengan tujuan agar supaya orang yang di tuju dapat mengerti dan memahami, dan memberikan respons.

Ø Komunikasi juga bisa diartikan sebagai proses interaksi antara satu orang dengan orang lain ataupun lebih dengan menggunakan lambang dengan menghasilkan efek.

Pengertian ini adalah pengertian yang di format sederhana disesuaikan agar supaya kita dapat lebih cepat mengerti apa yang dimaksud dengan komunikasi tersebut

Secara lebih rinci ada beberapa pengertian komunikasi dapat kita lihat dari yang di sampaikan oleh para pakar ilmu komunikasi.

Ø Pengertian Pembangunan dalam bahasa Inggris adalah Development

Ø Ada juga yang menyebut Growth, modernization dan juga progrees (Kemajuan)

Berikut ini adalah beberapa definisi atau gambaran umum dari Pembangunan tersebut :

v Perubahan menuju pola-pola masyarakat yang memungkinkan realisasi yang lebih baiak dari nila-nilai kemanusiaan yang memungkinkan suatu masyarakan mempunyai control yang lebih besar terhadap lingkungannya dan terhadap tujuan politiknya, dan yang memungkinkan warganya memperoleh control yang lebih terhadap diri mereka sendiri ( Inayatullah 1967)

v Suatu jenis perubahan sosial dimana ide-ide baru diperkenalkan kepada suatu system sosial untuk menghasilkan pendapatan perkapita dan tingkat kehidupan yang lebih tinggi melalui metode produksi yang lebih modern dan organisasi sosial yang lebih baik. Pembangunan adalah modernisasi pada tingkat system sosial. (Rogers dan Shoemaker, 1971)

v suatu proses perubahan sosial dengan partisipatori yang luas dlam suatu masyarakat yang dimaksudkan untuk kemajuan sosial dan material (termasuk bertambah besarnya keadilan, kebebasan dan kualitas lainnya di hargai untuk mayoritas rakyat melalui control yang lebih besar yang mereka peroleh terhadap lingkungan mereka (Rogers, 1983)

v Pembangunan adalah suatu usaha atau proses terjadinya perubahan-demi perubahan tercapainya tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup masyarakat yang sedang melaksanakan pembangunan itu. (Slamet Riyadi 1981 : 16 -17).

Pada intinya dalam pembangunan tersebut ada tiga macam pengertian pokok yaitu :

1. pembangunan adalah upaya sadar dan terencana yang dilaksanakan oleh banyak pihak.

2. Pembangunan merupakan proses pemanfaatan ide teknologi yang sudah terpilih untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. pembangunan merupakan proses pemecahan masalah yang dihadapi demi tercapainya tujuanyang telah ditetapkan.

pengertian tentang komunikasi pembangunan dapat kita lihat lebih jelas dari pengertian oleh Quebral dan Gomez (1976)

v suatu pengertian yang dikemukakan oleh Quebral dan Gomez (1976) tentang komunikasi pembangunan adalah : merupakan disiplin ilmu dan praktikum komunikasi dalam konteks Negara-negara sedang berkembang, terutama kegiatan komunikasi untuk perubahan sosial yang berencana. Komunikasi pembangunan dimaksudkan untuk secara sadar menigkatkan pembangunan manusiawi dan itu berarti komunikasi yang akan menghapuskan kemiskinan, pengangguran dan ketidakadilan.

v Dalam komunikasi pembangunan yang diutamakan adalah kegiatan mendidik dan memotivasi masyarakat, bukannya memberi laporan yang tidak realistic dari fakta-fakta atau sekedar penonjolan diri.

v Tujuan komunikasi pembangunan adalah untuk menanamkan gagasan-gagasan sikap mental, dan mengajarkan ketrampilan yang dibutuhkan oleh suatu Negara berkembang

v Secara pragmatis kata Quebral, dapatlah dirumuskan bahwa komunikasi pembangunan adalah komunikasi yang dilakukan untuk melaksanakan rencana pembangunan suatu negara.

v Quebral (1973) menegaskan bahwa komunikasi pembangunan merupakan salah satu terobosan (break through) di lingkugan ilmu-ilmu sosial.

v Menurut Quebral juga komunikasi pembangunan merupakan suatu inovasi yang harus diusahakan gar diketahui orang dan diterima, sebelum ia gunkan.

v Komunikasi pembangunan pada dasarnya memiliki banyak sekali persamaan dengan bentuk-bentuk kegiatan komunikasi, misalnya periklanan, persamaannya adalah keduanya adalah merupakan bentuk komunikasi yang purposif, yakni kegiatan komunikasi yang tujuannya telah ditentukan lebih dahulu.

Ø Dapat dicontokan pembangunan dibidang pertanian, dengan tujuan untuk meningkatkan nilai dan kualitas produk pertanian dan juga sekaligus meningkatkan penghasilan para petani, guna mendongkrak kenaikan pendapatan perkapita suatu Negara. Tentunya teknik komunikasinya melalui penyuluhan oleh petugas lapangan pertanian.

Komunikasi pembangunan bisa dilihat dari berbagai segi

- Sosial

Contohnya bagaimana pemerintah menghilangkan adanya komunitas masyarakat yang tergolong miskin. Tentunya dengan adanya peyampaian tentang bagaimana agar supaya masyarakat tersebut bisa hidup layak. Dengan cara adanya penyuluhan tentang bagaimana membuat kerajinan rumah tangga .dll.

- Ekonomi

Bagaimana meningkatkan pendapatan masyarakat tersebut melalui sector ekonomi, dengan adanya informasi tentang mudahnya mendapat fasilitas dunia usaha..

- pertanian/perikanan

- teknologi

- Kesehatan

Untuk mencapai masyarakat yang sehat adanya program bersih dari departemen kesehatan, masalah AIDS, Narkoba. Dll.

Thank You

Tidak ada komentar:

Posting Komentar