www.edmonroyankalesaran.com

Jumat, 18 Juni 2010

JENIS-JENIS IKLAN

“JENIS JENIS IKLAN”

IKLAN STANDART

Ø Iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan barang atau jasa perjalanan untuk konsumen sebua media.

Ø iklan standart ini bertujuan untuk memasang motif dan minat pembeli atau para konsumen untuk membeli barang / jasa yang ditawarkan.

Ø Iklan standart sangat terikat pada metode dan etik tertentu.

Artinya iklan standart ditangani oleh orang profesional dibidang advertising untuk menyusun kata-kata, kalimat memilih gambar dan warna juga tempat pemasaran atau media yang cocok, serta waktu yang tepat.

Ø Iklan standart lebih berorientasi pada Profit atau mencari keuntungan.

Contoh :

- Iklan comersil di TV, Koran , majalah dll

- Iklan produk Sabun

- Iklan Mobil

- Dll.

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

Ø Iklan layanan masyarakat termasuk dalam iklan yang “non profit” artinya iklan layanan ini tujuannya tidak mencari keuntungan akibat pemasarannya kepada khalayak.

Ø Iklan layanan ini bertujuan memberikan informasi dan penekanan serta pendidikan kepada masyarakat dalam menarik pelajaran dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi, bersikap positif terhadap pesan yang disampaikan.

Ø berbeda dengan iklan standar, iklan layanan masyarakat tidak terlalu terikat pada penataan yang ketat.

Ø Iklan layanan ini lebih menekankan pada informasi yang mendidik kepada masyarakat untuk dapat bersifat positif terhadap apa saja yang disampaikan oleh iklan.

Contoh :

- Iklan Kontrasepsi dari departemen kesehatan

- Iklan mengunakan kondom agar terhindar dari bahaya Aids

- Iklan kepolisian yang mengingatkan bahaya minuman keras pada saat mengemudi.mematuhi rambu-rambu lalu-lintas dari kepolisian

- Iklan dari pemerintah dan otoritas kesehatan sedang gencar-gencarnya mengkominikasikan pesan-pesan tentang anti merokok dan penyakit kangker.

- Dll.


Literatur : “Bittnen” dalam bukunya

Mass Communication and introduction (Alo Liliweni, 1992)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar