www.edmonroyankalesaran.com

Kamis, 28 Oktober 2010

STRUKTUR IKLAN & RUMUS AIDCA


ž  Pada Sebuah Iklan, baik yang dipublikasikan melalui media penyiaran, pada dasarnya memiliki Struktur
ž  Struktur iklan pada kedua media tersebut pada dasarnya sama, hanya bentuknya berbeda karena perbedaan karateristik medianya-mediumnya.
ž  Yang paling gampang diamati adalah struktur iklan pada media cetak.

ž  HEADLINE
                - kepala tulisan
                - letaknya tidak selalu pada bagian awal                 tulisan, iklan
                - Yang paling penting headline iklan tersebut yang paling pertama dilihat orang.
ž  SUBHEADLINE
                sebuah headline harus mengatakan sesuatu yang sangat penting kepada para calon          pembeli.
                Biasanya berupa penjelasan tentang produk atau keunggulan barang atau jasa yang ditawarkan.

ž  Amplifikasi (perluasan)
    (Naskah atau teks iklan yang mengikuti headline. Sering juga disebut bodycopy/ body text.
                Pada bagian ini konsepnya adalah penjelasan lebih rinci tentang produk atau barang/jasa yang ditawarkan.
                catt : produk2 yang mahal sperti mobil, rumah,dll biasanya diperlukan body text atau amplifikasi iklan .


RUMUS AIDCA
  1. ATTENTION (Perhatian)
  2. INTEREST (Minat)
  3. Desire (Kebutuhan/keinginan)
  4. Conviction (rasa percaya)
  5. Action (Tindakan)
Untuk menghasilkan iklan yang baik selain
Memperhatikan STRUKTUR IKLAN diperlukan juga RUMUS IKLAN AIDCA
Attention 
ž  Attention berarti bahwa iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau suara-suara khusus. 
ž  Size untuk media cetak
ž  Air time untuk penyiaran
ž  Warna (spot atau full color), tata letak (lay out)
ž  Jenis Huruf
ž  Menggunakan headline, slogan yang mudah di ingat.
Interest
ž  iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dalam hal ini konsumen harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. 
ž  Perhatian harus segera ditingkatkan menjadi minat agar pembeli ingin mengetahui lebih rinci
Desire
ž  bermakna bahwa iklan harus mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut.
Cth :
                LADY CARD, Special Card For Special Lady.
                Gudang Garam Selera Pemberani
Conviction
ž  mengandung arti bahwa iklan harus mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk membeli produk tersebut
ž  Untuk menimbulkan Ras Percaya pada diri pembeli.
ž  Menggunakan Pembuktian Ahli, Demo, menggunakan artis public figure. memberikan pandangan positif pada konsumen tentang produk.
                 
ACTION (Tindakan)        
ž  mengandung arti bahwa iklan harus memiliki "daya" membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini dapat digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, gunakan, dan lain-lain.


Sumber : Kasali, Renald. 1995., "Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia", Jakarta: Grafiti.



1 komentar: