Pada Sebuah Iklan, baik yang dipublikasikan melalui media penyiaran, pada dasarnya memiliki Struktur
Struktur iklan pada kedua media tersebut pada dasarnya sama, hanya bentuknya berbeda karena perbedaan karateristik medianya-mediumnya.
Yang paling gampang diamati adalah struktur iklan pada media cetak.
HEADLINE
- kepala tulisan
- letaknya tidak selalu pada bagian awal tulisan, iklan
- Yang paling penting headline iklan tersebut yang paling pertama dilihat orang.
SUBHEADLINE
sebuah headline harus mengatakan sesuatu yang sangat penting kepada para calon pembeli.
Biasanya berupa penjelasan tentang produk atau keunggulan barang atau jasa yang ditawarkan.
Amplifikasi (perluasan)
(Naskah atau teks iklan yang mengikuti headline. Sering juga disebut bodycopy/ body text.
Pada bagian ini konsepnya adalah penjelasan lebih rinci tentang produk atau barang/jasa yang ditawarkan.
catt : produk2 yang mahal sperti mobil, rumah,dll biasanya diperlukan body text atau amplifikasi iklan .
RUMUS AIDCA
- ATTENTION (Perhatian)
- INTEREST (Minat)
- Desire (Kebutuhan/keinginan)
- Conviction (rasa percaya)
- Action (Tindakan)
Untuk menghasilkan iklan yang baik selain
Memperhatikan STRUKTUR IKLAN diperlukan juga RUMUS IKLAN AIDCA
Attention
Attention berarti bahwa iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau suara-suara khusus.
Size untuk media cetak
Air time untuk penyiaran
Warna (spot atau full color), tata letak (lay out)
Jenis Huruf
Menggunakan headline, slogan yang mudah di ingat.
Interest
iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dalam hal ini konsumen harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan.
Perhatian harus segera ditingkatkan menjadi minat agar pembeli ingin mengetahui lebih rinci
Desire
bermakna bahwa iklan harus mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut.
Cth :
Cth :
LADY CARD, Special Card For Special Lady.
Gudang Garam Selera Pemberani
Conviction
mengandung arti bahwa iklan harus mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk membeli produk tersebut
Untuk menimbulkan Ras Percaya pada diri pembeli.
Menggunakan Pembuktian Ahli, Demo, menggunakan artis public figure. memberikan pandangan positif pada konsumen tentang produk.
ACTION (Tindakan)
mengandung arti bahwa iklan harus memiliki "daya" membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini dapat digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, gunakan, dan lain-lain.
Sumber : Kasali, Renald. 1995., "Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia", Jakarta: Grafiti.
kak macam macam rumus nya apa aja ya selain AIDCA ?
BalasHapus