www.edmonroyankalesaran.com

Sabtu, 30 Oktober 2010

PERIKLANAN EFEKTIF



Bagaimana Biro Iklan dan Kliennya Bekerja bersama-sama untuk menciptakan iklan yang efektif……????
JAWABANNYA tidak SEDERHANA.
Mendefinisikan Periklanan Yang efektif
       Haruslah kita memahami  arti periklanan yang efektif dari suatu pandangan
  1. Iklan disebut efektif bila mencapai Tujuan-tujuan yang diinginkan. (perspektif ini mendefinisikan efektif dari perspektif “keluaran” (output) atau dalam pengertian tentang apa yang telah dicapai.
  2. Pandangan/perspektif “masukan” (input) atau dalam pengertian komposisi dari iklan tersebut.

Komposisi Iklan yang Efektif dapat dilihat dari beberap pertimbangan :
1.       Iklan harus memperpanjang suara strategi pemasaran. Iklan bisa jadi efektif hanya bila cocok dengan elemen lain dari strategi komunikasi pemasaran yang diarahkan dengan baik dan terintergrasi.
2.       Periklanan yang efektif harus menyertakan sudut pandang konsumen. Para konsumen membeli manfaat-manfaat produk, bukan atribut/lambangnya. Oleh karena itu iklan harus dinyatakan dengan cara yan berhubungan dengan kebutuhan-kebutuhan, keingginannya, serta apa yang dinilai oleh konsumen daripada si pemasar.
3.       Periklanan yang efekif harus persuasif.
4.       Iklan harus menemukan cara yang unik untuk menerobos kerumunan iklan.
5.       Iklan yang baik tidak pernah menjanjikan lebih dari apa yang bisa diberikan.
6.       Iklan yang baik mencegah ide kreatif dari strategi yang berlebihan.

PERENCANAAN DAN STRATEGI PERIKLANAN
PROGRAM LIMA LANGKAH
  1. Menspesifikasikan Fakta Kunci.
  2. Menyatakan Masalah Pemasaran Utama.
  3. Menyatakan Tujuan Komunikasi.
  4. Mengimplementasikan Strategi Pesan Yang Kreatif.
  5. Membangun Persyaratan Arus Perintah Korporat/Divisional.

Menspesifikasikan Fakta Kunci.
       Fakta Kunci dalam strategi periklanan adalah pernyataan tunggal dari sudut pandang konsumen, yang mengidentifikasikan mengapa para konsumen membeli atau tidak produk/jasa/merek atau tidak mempertimbangkan produk tersebut sebagai produk yang layak.

Menyatakan Masalah Pemasaran Utama.
       Perpanjangan dari fakta kunci. Langka ini menyatakan masalah sudut pandang pemasar. (citra, masalah persepsi produk atau masalah dalam persaingan).

Menyatakan Tujuan Komunikasi.
       Merupakan pernyataan langsung tentang efek periklanan apa yang diinginkan dari pasar sasaran dan bagaimana iklan tersebur seharusnya mempersuasi konsumen.


Mengimplementasikan Strategi Pesan Yang Kreatif.
       Inti dari keseluruhan strategi periklanan adalah strategi pesan yang kreatif, Creative platform). Posisioning pada :
                1. Pendefinisian pasar sasaran.
                2. Pendefinisian Pesaing Utama.
                3. Pemilihan Janji.
                4. Penawaran Alasan.
                  (fakta yang mendukung janji tersebut. (mutu, kualitas, harga dll)
               
Membangun Arus Perintah Korporat/Divisional
       Langkah Terakhir dalam memformulasikan suatu strategi periklanan melibatkan persyaratan-persyaratan wajib yang harus disertakan dalam suatu iklan.
       Aspek ini relatif bersifat teknik dan tidak kreatif.
       Pada Dasarnya strategi ini mengingatkan pengiklan untuk menyertakan slogan atau logo korporat, atau identitas korporat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar