www.edmonroyankalesaran.com

Kamis, 28 Oktober 2010

MANFAAT IKLAN BAGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DAN EKONOMI




Antara lain
  1. iklan memperluas alternative bagi konsumen dengan adanya  iklan konsumen dapat mengetahui adanya berbagai produk, yang pada gilirannya adanya pilihan.
  2. iklan membantu produsen menimbulkan kepercayaan bagi konsumennya. Sering dikatakan tak kenal maka tak sayang, iklan yang secara gagah ditampilkan dihadaan masyarakat dengan ukuran besar dan logo yang cantik menimbulkan kepercayaan yang tinggi bahwa perusahaan yang membuatnya bonafit dan produknya bermutu.
  3. iklan membuat orang kenal, ingat dan percaya.

DAMPAK NEGATIF IKLAN.
Selain memberi manfaat , iklan juga menimbulkan dampak yang negatif bagi pertumbuhan masyarakat dan ekonomi.
Contoh : bagi masyarakat pedesaan yang pendidikannya masih rendah, iklan seperti ini akan cepat sekali merangsang pola konsumsinya. Tanpa melihat daya beli serta uang yang dimiliki, orang yang emosionalnya seperti itu akan cepat memutuskan bahwa ia membutuhkan barang yang mungkin belum waktunya dimiliki.

Kesan-kesan negatif dari iklan :
  1. iklan membuat orang membeli sesuatu yang sebetulnya tidak ia inginkan atau butuhkan. Bila kita melihat kejadian sehari-hari sepulang berbelanja, berapa banyak barang tidak berguna yang kita beli hanya karena iklan. Sebaliknya iklan memang membujuk kita membeli ataupun menggunakan sesuatu secara lebih teratur. Misalnya, iklan pasta gigi. Iklan pasta gigi. Bila anak-anak dapat diyakinkan untuk menyikat gigi setiap hari maka mereka tidak menderiota sakit gigi dan tidak sering ke dokter gigi setelah dewasa.
  2. iklan mengakibatkan barang-barang menjadi lebih mahal. Karena membutuhkan dana , maka wajar saja bila ada anggapan bahwa iklan menambah harga barang.
  3. iklan yang baik akan membuat produk yang berkualitas rendah dapat terjual…. Ini sebenarnya tidak benar, karena begitu konsumen mencoba produk yang tidak bermutu, mereka tidak akan membelinya lagi.
  4. Iklan adalah pemborosan. Mengapa dana iklan tidak digunakan saja bagi kepentingan perekonomian nasional. Sebenarnya, secar tidak langsung iklan telah ikut membantu memajukan perekonomian Negara. Iklan berperan penting dalam mendukung berhasilnya suatu bidang usaha atau bertambahnya penjualan. Ini semua menghasilkan produk berkualitas tinggi secara lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar