www.edmonroyankalesaran.com

Minggu, 03 April 2011

TUGAS HUMAS BERHUBUNGAN DENGAN EXTERNAL PUBLIC


      Bagi sebuah lembaga/perusahaan, hubungan dengan public luar merupakan suatu keharusan.
      Pada intinya sebuah perusahaan juga memiliki ketergantungan dengan pihak lain.
      Dengan adanya hubungan dengan pihak luar tersebut, tentunya akan banyak menimbulkan permasalahan. Salah satunya adalah KOMUNIKASI
TUGAS HUMAS/ PR KAITANNYA DENGAN MENJAWAB PERMASALAHAN EXTERNAL
  1. Bagaimana memperluas pasar bagi produksinya.
  2. Bagaimana memperkenalkan produknya
  3. Bagaimana cara mendapatkan penghargaan dan penerimaan dari public/masyarakat
  4. Bagaimana memelihara hubungan baik dengan pejabat, pemerintah , instansi terkait.
  5. Bagaimana cara mengetahui sikap dan pendapat public terhadap perusahaan
  6. Bagaimana memelihara hubungan baik dengan pers dan opinion leader
  7. Bagaimana memelihara hubungan baik dengan para pemasok dan public lain yang berhubungan dengan operasional perusahaan.
  8. Problem lainnya yang menyangkut persoalan antara perusahaan dengan masyarakat yang ada di luar perusahaan, untuk mencapai rasa simpatik dan keercayaan dari public tersebut.
Banyak usaha yang perlu dikerjakan dalam external public relations, untuk memperoleh dukungan serta kesediaan public luar untuk bekerja sama dengan perusahaan tersebut
Untuk mecapai hal tersebut diperlukan hal-hal berikut ini :
Humas/PR harus mampu melakukan atau melaksanakan tindakan-tindakan berikut ini :
  1. Mengadakan analisa dan penilaian terhadap sikap dan opini public yang menanggapi kebijakan pimpinan perusahaan dalam meggerakkan pegawainya dan menerapkan metodenya.
  2. Mengadakan koreksi dan saran kepada pimpinan perusahaan sehubungan dengan tujuan public relations, terutama dalam kegiatan perusahaan yang mendapat sorotan atau kritikan public
  3. Mempersiapkan bahan-bahan penerangan dan penjelasan yang jujur dan objektif, agar public memperoleh kejelasan tentang segala aktivitas dan perkembangan perusahaan
  4. Ikut membantu pimpinan dalam hal menyusun atau memperbaiki formasi staf kearah efektif. Baik secara keseluruhan perusahaan maupun khusus di bagian PR
  5. Mengadakan penyelidikan atau penelitian tentang kebutuhan, kepentingan dan public akan produk/barang yang dihasilkan perusahaan

KOMUNIKASI LANGSUNG DENGAN PIHAK PUBLIC DI LUAR PERUSAHAAN, DAPAT DILAKUKAN MELALUI :
  1. Publisitas
  2. Periklanan
  3. Demonstrasi
  4. Propaganda
  5. Promosi penjualan
  6. Pameran
  7. Penerbitan Pamphlet/ brosur
  8. Konfrensi pers
  9. Penerbitan majalah
  10. Open House
  11. Usaha publisitas mengarah ke pengenalan, penerimaan dn simpati public luar terhadap perusahaan. Sehingga rasa kekeluargaan dan kesediaan hidup bersama serta kerja sama antara masyarakat dan perusahaan  dapat tercapai.

LITERATUR :
      Prof. Drs. Onong U Effendy,M.A, Human Relations dan Public Relations. Mandar Maju Bandung 1993
      Kustadi Suhandang. PUBLIC RELATIONS Perusahaan. Kajian Program Implementasi. Nuansa Bandung 2004


Tidak ada komentar:

Posting Komentar