Berdasarkan 2 jenis public tugas Humas/PR adalah berkomunikasi ke
dalam dengan public intern dan ke luar dengan public extern.
¡ Internal PR
q Hubungan Dengan Karyawan
q Hubungan dengan Owner/Pemegang Saham/Pimpinan
¡ External PR
q Hubungan Dengan Pelanggan
q Hubungan Dengan Kahalayak sekitar
q Hubungan Dengan Pemerintah/Swasta.
q Hubungan Dengan Pers (Press Relations)
Fungsi PR/Humas
Bertrand R. Canfield dalam Bukuhya Public
Relations, Principles and Problems
mengemukakan 3 fungsi Purel :
- Mengabdi Kepada Kepentingan Umum (It Should Serve The Public’s interest)
- Memelihara komunikasi yang baik (Maintain godd Communications)
- Menitik-beratkan moral dan tingkah-laku yang baik. (and stress good morals and manners)
Tugas Humas
¡ Bagaimana memelihara hubungan baik antara majikan atau pimpinan dengan buruh atau bawahan, pegawai dengan pegawai.
¡ Bagaimana mempertinggi produktifitas SDM yang ada di perusahaan tersebut.
¡ Bagaimana caranya menggerakkan pegawai agar memberikan pelayanan yang baik kepada public
¡ Bagaimana caranya mengadakan komunikasi yang teratur dan tepat guna antara intern perusahaan.
¡ Bagaimana mempertinggi kecakapan dan pengetahuan semua SDM yang ada di perusahaan itu.
¡ Bagaimana memberikan hiburan dan kesempatan untuk bersantai bagi buruh atau pegawai.
¡ Bagaimana usaha meningkatkan kebersihan, ketertiban serta keindahan bagi buruh atau pegawai.
¡ Bagaimana caranya mengintergrasikan keluarga ke dalam lingkungan perusahaan
¡ Bagaimana memelihara kesejahteraan pegawai atau usaha sendiri dll. Masalah yang timbul dalam perusahaan.
Inti Tugas Humas/ PR
¡ Sinkronisasi (penyesuaian) antara informasi dari perusahaan dengan reaksi dan tanggapan publik sehingga mencapai suasana akrab, saling mengerti dan muncul suasana yang menyenangkan dalam interaksi perusahaan dengan publik.
¡ Menciptakan hubungan yang HARMONIS yang baik antara badan atau perusahaan dengan publik.
LITERATUR :
¡ Prof. Drs. Onong U Effendy,M.A, Human Relations dan Public Relations. Mandar Maju Bandung 1993
¡ Kustadi Suhandang. PUBLIC RELATIONS Perusahaan. Kajian Program Implementasi. Nuansa Bandung 2004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar