www.edmonroyankalesaran.com

Senin, 27 September 2010

TINJAUAN UMUM MANAJEMEN PERIKLANAN

  Meliputi : suatu system yang terdiri dari berbagai organisasi atau lembaga yang saling berinteraksi dan menjalankan peranan yang saling berbeda dalam proses periklanan.
  Inti dari sitem ini adalah produsen pemasang biasa disebut pengiklan.
  Suatu konsep manajerial yang berhubungan dengan perencanaan, perancangan, pelaksanaan tentang periklanan tersebut.

Suatu system yang terdiri dari berbagai organisasi / lembaga yang saling berinteraksi  dalam menjalankan peran yang saling berbeda demi mewujudkan  sebuah iklan atau proses periklanan. Adapun yang saling berkait tersebut adalah;
1.Pengiklan,
2.Biro iklan,
3.Perusahaan Media,
4. Lembaga Riset Pemasaran. Setidaknya ada empat komponen    yang saling berinteraksi.

1. Pengiklan
  Pengiklan adalah inti dari system manajemen periklanan, analisa pasar, perencanan pengendalian, dan aktivitas pengambilan keputusan pada system ini, yakni pada pengiklan.
  PENGIKLAN perlu memperhatikan identitas perusahaan, strategi pemasaran, serta produk apa andalan perusahaan itu. Atas dasar itulah maka strategi periklanan diharapkan dapat mendukung program pemasaran tanpa menghilangkan kesan konsumen terhadap (kepribadian perusahaan) / Karakter perusahaan
Contoh Pengiklan :
Perusahaan swasta
Lembaga Pemerintah
2. Biro iklan
Biro Iklan, dan jasa riset diharapkan membantu pengiklan dalam menganalisa peluang pasar, mengembangkan kreasi, mendesain iklan, serta pembelian media. Pasar atau konsumen yang dijangkau pengiklan melalui pesan iklan dapat  dipandang sebagai lembaga external, atau lembaga kontrol dalam kampanye suatu iklan yang sedang berjalan
PERAN BIRO IKLAN.
  What (positionining ) apa yang ditawarkan produk yang diiklankan.
  Who (segmen konsumen) siapa yang cocok dijadikan sasaran pasar dilihat dari segi demografis dan psikologis.
  How ( Kreatif ) bagaimana cara membujuk calon pembeli. Bagaimana  agar pesan itu menarik.
  Where ( media dan kegiatan) dimana saja daerah pasar yang digarap  serta menggunakan media apa saja ?
  When ( penjadwalan) kapan kegiatan tersebut dilaksanakan dan akan memerlukan waktu berapa?
  How Much (anggaran) seberapa mahal anggaran yang dikembangkan agar iklan ini efektif
3.Perusahaan Media
  Perusahaan media ini kita kenal dengan beberapa media lini bawah serta media lini atas. Media lini atas antara lain TV, Radio, Online.
  Media lini bawah, Surat kabar, Majalah, Spanduk, Benner, Baliho, Selebaran, Leafleet, Surat langsung, 1 sheet, 24 sheet. Yang kesemuanya itu disebut sebagai media promosi.
4. Perusahaan Jasa Riset
  Manfaat  jasa riset,  penting untuk memetakan kearah mana iklan, dari sisi pengiklan, juga  yang  dari sisi kreatif, riset dari sisi penjualan, riset dari sisi  pemahaman khalayak  pesan iklan yang di kampanyekan, sampai tidak ke benak khalayak.

Tinjauan Umum Manajemen Periklanan
  Periklanan Memang Mahal. Kerap kali efeknya tidak pasti dan terkadang memerlukan waktu untuk memiliki dampak dari iklan tersebut.
  Procter & Gamble (Peniklan terbesar di dunia mengeluarkan anggaran untuk periklana mencapai US$ 2,5 miliar.
  Kellog, General Mill, Coca Cola dan Pepsi Cola, menyadari bahwa pengeluaran iklan merupakan investasi yang konsisten. Bukan untuk jangka pendek.

Pentingnya Periklanan
  Periklanan adalah bisnis yang sangat besar
  Total Pengeluaran Iklan di Amerika Serikat ± US$ 200 miliar  tahun 2008
Perusahaan
Jumlah
Procter & Gamble
US$ 2,6 miliar
Philip Morris
US$ 1,3 milliar
Time Warner
US$ 1,4 milliar
General Motor
US$ 2,4 milliar









Fungsi-fungsi periklanan
  Informing (memberi Informasi)
  Persuading (mempersuasi)
  Riminding (mengingatkan)
  Adding Value (memberikan nilai tambah)
  Assisting (mendampingi)
   Upaya-upaya lain dari perusahaan.
                - Pemasaran, Promosi, Transaksi harga


Sumber : 
Periklanan Promosi (aspek tambahan komunikasi pemasaran Terpadu) jilid I, Terence A.Shimp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar