www.edmonroyankalesaran.com

Senin, 26 Juli 2010

Komunikasi Adalah Bagian Dalam Kehidupan Manusia

Analisa tentang film Cast Away
Oleh : Edmon Royan Kalesaran,S.Sos.M.I.Kom

Film cast away ini menceritakan perjuangan seorang manusia yang dalam hidupnya telah masuk pada konsep hidup kea rah yang modern  untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya. Di dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut terdapat atau ditemuinya kendala-kendala berupa kendala psikologis dan perilaku lingkungan yang lebih cenderung menggambarkan sifat-sifat manusia primitive. Jadi dalam hal ini terjadi kontradiksi antara kehidupan modern dan kehidupan manusia primitif. Kejadian ini bisa kita lihat dari cerita film ini yaitu Chuck Nolan (tokoh utama) ini terdampar di sebuah pulau yang didalamnya atau dalam prosesnya dia bertahan atau tinggal di pulau tersebut hanya seorang diri dan tidak ada kontak atau sosialisasi dengan manusia lain. Dihubungan dengan kondrat manusia sebagai makhluk social ini terlihat sangat rancuh karena dalam proses hidupnya sebagai manusia tidak terlepas dengan interaksi dengan orang lain.
            Interaksi dengan orang lain akan berjalan dengan baik apabila terjadi komunikasi yang baik antara orang tersebut dengan lawannya atau komunikan. Dalam film ini faktor komunikasi sangat terlihat penting, walaupun pada operasional keberadaan si Chuck Noln tersebut dia tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga tujuannya tidak bisa tercapai. Manusia tidak bisa hidup tanpa berinterkasi atau berkomunikasi dengan orang lain.
Dalam film ini komunikasi menjadi faktor penentu si chuck Nolan untuk dapat berinteraksi dengan orang lain. Walupun disadarinya dia hanya seorang diri dalam pulau tersebut. Dalam upaya mendapatkan interaksi dengan manusia lain, dia menggunakan komunikasi lambang. Bisa kita lihat dia membuat api di dekat pantai. Dengan lambang ini dia bisa memberikan tanda bahwa di dalam pulau tersebut ada kehidupan. Dari situlah bisa kita hubungkan dengan ilmu komunikasi dengan biasa kita sebut komunikasi dengan lambing.
Hasil analisa  :
  1. Proses komunikasi yang terjadi pada kasus film cast away ini bisa kita lihat dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan bagi para kedua pansangan.
  2. Proses pengiriman pesan harus dilakukan dengan baik oleh komunikator kepada komunikan
  3. Pesan yang di sampaikan kepada penerima harus melalui media
  4. dalam penyampaian pesan itu tidak selalu mulus  dengan apa yang menjadi harapannya, hal ini terbukti ada gangguan, yaitu badai yang menghantam pada alat(fed-Ex) yang digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut.
  5. dengan kejadian terdamparnya pesawat, maka dia bukan lagi sebagai mahluk social, karena tidak lagi berinteraksi atau berhubungan satu dengan yang lain nya. Namum tetap bahwa pesan harus sampai kepada komunikan.
  6. namun tentu diperlukan informasi-informasi bagaimana supaya pesan tadi sampai, karena ada symbol akan pesan yang harus disampaikan, maka dai mengumpulkan semua pesan yang harus dosampaikan, maka dia mengumpilkan semua pesan atau informasi yang hanyut di alutan untuk dihimpun dan dikemas untuk dijadikan sabagai bahan informasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar