— Meliputi : suatu system yang terdiri dari berbagai organisasi atau lembaga yang saling berinteraksi dan menjalankan peranan yang saling berbeda dalam proses periklanan.
— Inti dari sitem ini adalah produsen pemasang biasa disebut pengiklan.
— Suatu konsep manajerial yang berhubungan dengan perencanaan, perancangan, pelaksanaan tentang periklanan tersebut.
Suatu system yang terdiri dari berbagai organisasi / lembaga yang saling berinteraksi dalam menjalankan peran yang saling berbeda demi mewujudkan sebuah iklan atau proses periklanan. Adapun yang saling berkait tersebut adalah;
1.Pengiklan,
2.Biro iklan,
3.Perusahaan Media,
4. Lembaga Riset Pemasaran. Setidaknya ada empat komponen yang saling berinteraksi.
1. Pengiklan
— Pengiklan adalah inti dari system manajemen periklanan, analisa pasar, perencanan pengendalian, dan aktivitas pengambilan keputusan pada system ini, yakni pada pengiklan.
— PENGIKLAN perlu memperhatikan identitas perusahaan, strategi pemasaran, serta produk apa andalan perusahaan itu. Atas dasar itulah maka strategi periklanan diharapkan dapat mendukung program pemasaran tanpa menghilangkan kesan konsumen terhadap (kepribadian perusahaan) / Karakter perusahaan
Contoh Pengiklan :
Perusahaan swasta
Lembaga Pemerintah
2. Biro iklan
Biro Iklan, dan jasa riset diharapkan membantu pengiklan dalam menganalisa peluang pasar, mengembangkan kreasi, mendesain iklan, serta pembelian media. Pasar atau konsumen yang dijangkau pengiklan melalui pesan iklan dapat dipandang sebagai lembaga external, atau lembaga kontrol dalam kampanye suatu iklan yang sedang berjalan
PERAN BIRO IKLAN.
— What (positionining ) apa yang ditawarkan produk yang diiklankan.
— Who (segmen konsumen) siapa yang cocok dijadikan sasaran pasar dilihat dari segi demografis dan psikologis.
— How ( Kreatif ) bagaimana cara membujuk calon pembeli. Bagaimana agar pesan itu menarik.
— Where ( media dan kegiatan) dimana saja daerah pasar yang digarap serta menggunakan media apa saja ?
— When ( penjadwalan) kapan kegiatan tersebut dilaksanakan dan akan memerlukan waktu berapa?
— How Much (anggaran) seberapa mahal anggaran yang dikembangkan agar iklan ini efektif
3.Perusahaan Media
— Perusahaan media ini kita kenal dengan beberapa media lini bawah serta media lini atas. Media lini atas antara lain TV, Radio, Online.
— Media lini bawah, Surat kabar, Majalah, Spanduk, Benner, Baliho, Selebaran, Leafleet, Surat langsung, 1 sheet, 24 sheet. Yang kesemuanya itu disebut sebagai media promosi.
4. Perusahaan Jasa Riset
— Manfaat jasa riset, penting untuk memetakan kearah mana iklan, dari sisi pengiklan, juga yang dari sisi kreatif, riset dari sisi penjualan, riset dari sisi pemahaman khalayak pesan iklan yang di kampanyekan, sampai tidak ke benak khalayak.
Tinjauan Umum Manajemen Periklanan
— Periklanan Memang Mahal. Kerap kali efeknya tidak pasti dan terkadang memerlukan waktu untuk memiliki dampak dari iklan tersebut.
— Procter & Gamble (Peniklan terbesar di dunia mengeluarkan anggaran untuk periklana mencapai US$ 2,5 miliar.
— Kellog, General Mill, Coca Cola dan Pepsi Cola, menyadari bahwa pengeluaran iklan merupakan investasi yang konsisten. Bukan untuk jangka pendek.
Pentingnya Periklanan
— Periklanan adalah bisnis yang sangat besar
— Total Pengeluaran Iklan di Amerika Serikat ± US$ 200 miliar tahun 2008
Perusahaan | Jumlah |
Procter & Gamble | US$ 2,6 miliar |
Philip Morris | US$ 1,3 milliar |
Time Warner | US$ 1,4 milliar |
General Motor | US$ 2,4 milliar |
Fungsi-fungsi periklanan
— Informing (memberi Informasi)
— Persuading (mempersuasi)
— Riminding (mengingatkan)
— Adding Value (memberikan nilai tambah)
— Assisting (mendampingi)
Upaya-upaya lain dari perusahaan.
- Pemasaran, Promosi, Transaksi harga
Sumber :
- Periklanan Promosi (aspek tambahan komunikasi pemasaran Terpadu) jilid I, Terence A.Shimp
-
Sumber :
- Periklanan Promosi (aspek tambahan komunikasi pemasaran Terpadu) jilid I, Terence A.Shimp
-